Kamis, 28 Agustus 2008 di 05.32 |  

ada sekelumit pertanyaan, ketika saya menyaksikan seorang aktivis, atau mungkin saya menyaksikan diri saya sendiri yang mencoba untuk aktiv, memberikan seluruh potensi dan idealismenya, mencurahkan seluruh pemikiran dan maalnya,kemudian mendapat status sebagai aktivis "DO"(Drop Out). pertanyaan pertama, mungkinkah ia atau saya yang tidak bisa membagi amanah ? pertanyaan kedua, mungkinkah ia atau saya yang terlalu asik dengan amanah ? atau pertanyaan ketiga, mungkinkah ia atau saya yang terlalu dibebankan amanah ? pertanyaan pertama adalah kasuistik yang sering terjadi.hal ini sering menjadi 'judge' bagi kelompok kedua untuk mengatakan al akh atau saya tidak tawadzun. artinya, al akh atau saya yang mendapat tudingan atas ketidak suksesannya mengelola amanah... pertanyaan kedua adalah hal yang unik. dikatakan hal ini jarang terjadi.dari seper sejuta kader, mgkn hanya 0,000001% kader yang bisa dikatakan 'terlalu asik', menikmati amanah dakwahnya.yang d dapati, kbanyakan kader terjegal di fase2 saat harus memilih antara 'tetap bekerja' sebagai duat, atau 'membanting stir' 180 derajat utk 'memperbaiki keterpurukan akademis'... pertanyaan ketiga adalah bukti kerapuhan gerakan dakwah.ketika al akh atau saya harus "DO" karena dilihatnya tidak ada celah baginya 'bernapas' selang sesaat. ini menjadi real ketika sebuah gerakan tidak memiliki sistem kaderisasi yang baik. hal ini yang sering dilupakan gerakan (jamaah).wal hasil tidak ada kemungkinan bagi al akh atau saya untuk 'memilih' yang lain. bukan karena tidak ingin, bukan karena terpaksa, tapi ini karena dampak buruk kondisi, sehingga al akh atau saya akan 'merasa bersalah' jika tidak memilihnya... dari ketiga pertanyaan itu, yang harus dipikirkan adalah kemungkinan2 yang terjadi setelahnya.ketika perjuangan al akh atau saya berakhir dengan "DO". yang jelas, al akh akan makin bertambah 'bebannya'.'ekstrim'nya mungkin 'kekecewaan' yang akan di tanggung berikutnya. begitu pula harokah sebagai 'pemiliknya'.seharusnya akan kehilangan yang begitu luar biasa. karena, 1 "KADER INTI",yang menjadi penyanggah gerakan, pergi begitu saja... kasus-kasus ini sangat dekat dengan saya, bahkan hampir berhimpit dengan saya... setelah beberapa saudara aktivis saya "DO", apa salanjutnya saya juga "DO"...? apakah dakwah ini merasa kehilangan atas saya ??? (ditulis sebagai buah kegelisahan, sekaligus kritikan atas ketidak rapihan kaderisasi gerakan)

Diposting oleh rio

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum